Mengapa Ada Bintang di Langit…


Tak terasa, dua tahun sudah menjalani kuliah di departemen ini. Begitu banyak kisah, begitu banyak cerita didapat.

Presentasi eksternal belum lama ini dilaksanakan. Presentasi itu merupakan salah satu kisah dalam perkuliahan disini. Presentasi yang begitu menghebohkan. Jadi teringat akan masa-masa sibuk menjelang eksternal beberapa hari lalu. Keadaan kamar kosan yang cukup berantakan menjadi hal biasa, karena memang persiapan untuk membuat maket membutuhkan berbagai bahan/material hingga memenuhi kamar kosan.

Sungguh, menjalani kuliah disini bukanlah perkara mudah. Tugas yang diberikan begitu banyak. Tentu saja dalam mengerjakannya dibutuhkan kesenangan. Kesenangan yang memang berasal dari diri sendiri dan perlu diciptakan. Walaupun pada awalnya hal ini adalah sesuatu yang sulit, namun pada akhirnya dapat menjadi kebiasaan. Maka kesenangan itu pun akan muncul dengan sendirinya.

Begadang sedari pagi hingga ke pagi berikutnya bukanlah hal yang mudah untuk dijalankan, dan itu berlangsung selama sepekan. Merancang dalam kesendirian, memunculkan motivasi, mempertahankan konsentrasi, serta kemampuan untuk tetap memantapkan hati agar tetap semangat. Betapa beruntung dipertemukan dengan kawan-kawan yang menjiwai pekerjaan demikian.

Bersama teman, seolah segala pekerjaan tersebut begitu mudah untuk dilalui. Tak ada lagi istilah penderitaan, karena itu semua sudah menjadi bagian dari keseharian. Ya, bersama teman semangat itu dapat tetap bertahan untuk menempuh jalan panjang ini. Kesenangan yang mungkin hanya kami yang dapat merasakannya.

Di departemen tercinta inilah tempat kami merajut mimpi. Departemen arsitektur Universitas Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s