Cerita 1 Kuliah: Pesan Kepada Adik-adik SMA


www.okefood.com

Tak terasa empat tahun sudah menjalani perkuliahan di kampus. Saya jadi teringat pada momen-momen awal perkuliahan. Begitu cepat waktu berlalu, jadi teringat kembali akan masa-masa perjuangan untuk dapat diterima di kampus ini. Hanya terkadang kesibukan dengan aktivitas keseharian membuat saya lupa bahwa proses untuk dapat berkuliah bukanlah hal yang mudah. Bahwasannya kesempatan untuk dapat merasakan dunia pendidikan di PTN merupakan salah satu keberuntungan terbesar dalam hidup. Padahal jika dilihat dari segi materi saat itu nampaknya tidak memungkinkan bagi saya untuk dapat berkuliah. Saya cukup menyadari keadaan orangtua yang hanya sanggup menghasilkan uang untuk kebutuhan primer saja. Apalagi pilihan kampus yang menjadi minat saya adalah kampus dengan biaya yang amat mahal bagi sebagian besar orang Indonesia. Namun ternyata benarlah bukti bahwa “ dimana ada kemauan, disitu ada jalan”. Segala sesuatu mungkin terjadi.

Alhamdulillah hingga masa lulus perkuliahan saya masih dapat bertahan, menjalankan rutinitas seperti biasanya pada kampus tempat saya berkuliah. Bahkan saya telah menyelesaikan skripsi sebagai tanda berakhirnya jenjang perkuliahan yang sedang saya ikuti. Tulisan ini dibuat agar dapat menularkan virus-virus positif kepada adik-adik yang berkeinginan untuk tetap dapat melanjutkan pendidikan. Walaupun memiliki keterbatasan baik dalam hal materi maupun non materi senantiasa itu bukanlah menjadi halangan. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.

Saya ingin memulai cerita ini dengan pengalaman sewaktu SMA. Biasanya hampir setiap murid di bangku-bangku akhir SMA sudah semakin memikirkan masa depan mereka. Saat ini merupakan era informasi dimana hampir setiap orang sudah semakin menyadari akan pentingnya pendidikan. Oleh karena itu pilihan untuk dapat melanjutkan pendidikan merupakan hal penting yang sudah disadari oleh mayoritas murid-murid SMA masa kini.

Sebagian orang mengatakan bahwa masa-masa sekolah merupakan masa-masa yang paling indah dalam menjalani kehidupan. Hal ini mungkin ada benarnya. Dalam usia muda demikian kita dapat menikmati pergaulan dengan sesama teman sambil menjalani proses kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Bahkan kita dapat berinteraksi dengan guru selaku orangtua kedua kita, bermain sambil belajar, dan meraih prestasi pada bidang yang menjadi minat kita.

Memasuki tahun terakhir nampaknya kegiatan keseharian kita akan semakin terfokus pada ‘pendidikan’ yang sedang kita geluti. Hal ini dikarenakan kita akan menghadapi sebuah ujian yang akan menguji hasil pendidikan kita selama tiga tahun bersekolah. Tak jarang bila guru-guru kita akan selalu mengingatkan agar kita semakin fokus pada pelajaran-pelajaran kita.

Dalam keadaan demikian, berbagai pilihan sudah banyak yang menghampiri kepala kita untuk menentukan masa depan seperti apa yang akan kita raih pada nantinya. Langsung kerja, atau kuliah lagi. Bila kuliah, mau kuliah dimana, lalu jurusan apakah yang sesuai dengan kita bila mau melanjutkan kuliah? Tak jarang berbagai kampus akan mendatangi sekolah kita dalam rangka ‘promosi’ bentuk pendidikan yang mereka tawarkan. Bisa-bisa diri kita akan dilanda dengan berbagai kegalauan pada saat demikian.

Oleh karena itu kepada adik-adik saya, hal terpenting yang kita dapat lakukan pada tahap ini ialah mengumpulkan informasi setepat mungkin. Kita dapat menggalinya dari orang-orang yang sudah berpengalaman melewai masa-masa ini, baik itu orang tua, guru, kakak kelas, bahkan teman kita sendiri yang memiliki tujuan sama.  Mudah-mudahan bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s