Dinas Tata Ruang


DSC00428.JPG

Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu akses pekerjaan di bidang ‘Tata Kota’ mulai terbuka.

Saat itu sambil menjalani rutinitas di tempat saya bekerja saya mulai dikenalkan oleh senior saya bernama Kak Ardi (Teknik Lingkungan’06) dengan seorang alumni arsitektur dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia bekerja di Dinas Tata Ruang DKI Jakarta. Namanya adalah Pak Rudi, Ir. Muhammad Rudi Harsanto. Pak Rudi memberikan kepercayaan untuk menyelesaikan pekerjaan di bidang arsitektur. Bidang pekerjaan yang sesuai dengan keilmuan arsitektur.

Hingga akhirnya beberapa bulan ke depan Pak Rudi mulai mengajak untuk terlibat di kantor tempat ia bekerja. Saya mulai diikutkan untuk mengikuti Pelatihan Surveyor Tata Ruang. Sebuah ‘momentum luar biasa dapat mengikuti Pelatihan Surveyor Tata Ruang dengan kawan-kawan ‘Juru Ukur se-Jakarta Barat..

Dengan segala proses yang sudah dijalani akhirnya pintu mulai terbuka. Saya mulai dilibatkan untuk bekerja di Dinas Tata Ruang Kecamatan Cengkareng Kota Jakarta Barat. Aktivitas sehari-hari berkaitan dengan ‘Pelayanan Informasi Ketatakotaan untuk masyarakat. Disini peran yang dijalani adalah sebagai ‘Tim Teknis Pengukuran’. Kegiatan yang dilakukan adalah pengukuran di lapangan. Setelah memperoleh data hasil pengukuran pekerjaan itu dilanjutkan di kantor. Hasilnya adalah berupa gambar perencanaan suatu kawasan. Masyarakat biasa mengenal dengan istilah Planning ‘Keterangan Rencana Kota (KRK). Data tersebut nantinya akan digunakan oleh masyarakat sebelum melakukan kegiatan pembangunan pada lahan yang dimilikinya.

Alhamdulillah, saya ingin mengucapkan terimakasih banyak kepada Pak Rudi. Mudah-mudahan segala kebaikan yang ditorehkan olehnya mendapat balasan lebih dari-Nya. Saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada tim Dinas Tata Ruang wilayah Kecamatan Cengkareng (Pak Agus, Pak Bambang, Pak Mingan, Pak Naryo, Mas Dedy, Mbak Yenny, Ariawan Santoso, Rambu Yudo Herlambang, Mas Ade dan Dwi) yang telah tulus membantu. Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada Kang Kholid, Pak Sahril, Kak Ardi, Kang Fitri dan Kang Hasyim di wilayah tempat tinggal Pak Rudi yang disebut ‘Komunitas Studio 25’.

Hari-hari yang dilewati dalam keseharian sungguh memberi warna baru bagi saya. Disaat begitu banyak hal yang tidak saya ketahui di bidang Tata Ruang ini Pak Rudi begitu tulus memotivasi. Disaat saya baru mengenal bidang pekerjaan baru, kawan-kawan Dinas Tata Ruang Kecamatan Cengkareng juga begitu sabar untuk membimbing saya. Terimakasih.

Leave a Reply

